Bachelor of Home Science adalah Kursus Edukatif

Share:
pintu rumah minimalis
Bachelor of Home Science adalah Kursus Edukatif

Ekonomi rumah adalah salah satu bidang studi yang berhubungan dengan manajemen sumber daya, manajemen dan membuat kehidupan rumah yang lebih baik dalam masyarakat yang berubah dengan mengadopsi metode ilmiah yang dapat membantu. Bidang ini berkaitan dengan pendidikan konsumen, perancangan interior, kerajinan tangan, menjahit, memasak komersial, tekstil & pakaian, nutrisi, pengawetan makanan, kebersihan, perkembangan anak, pengelolaan uang dan hubungan keluarga. Semua faktor ini sangat penting untuk efisiensi dan kelancaran fungsi rumah. Ini mengajarkan siswa bagaimana mengelola keluarga dan membuat rumah menjadi tempat yang lebih baik, daripada dunia luar.
Prosedur pencegahan dan keamanan bencana juga merupakan bagian darinya dan membantu mereka dalam situasi sulit, kapan pun diperlukan. Kesadaran akan obat-obatan dan pendidikan seksual juga penting karena membantu mereka untuk mendapatkan kehidupan mereka dan memimpinnya di jalan yang benar, termasuk anggota keluarga juga. Kursus ini diajarkan di sekolah, akademi, universitas dan institut kejuruan lainnya. Sebelumnya, dalam ilmu rumah abad ke-19 adalah kursus yang ditujukan hanya untuk wanita untuk belajar bagaimana mengelola rumah dengan sukses. Tren ini telah berubah selama periode waktu dan hari ini telah menjadi bagian penting dari kehidupan, tidak hanya untuk wanita tetapi juga untuk pria.
Kursus sains rumahan membahas banyak topik seperti kimia, pakaian tekstil, pengembangan manusia, biokimia, fisiologi, manajemen sumber daya keluarga, dan psikologi anak. Calon siswa dapat mengambil kursus ini sesuai dengan kebutuhan, persyaratan, dan ambisi mereka. Ini adalah bagian dari kurikulum standar 12; Namun, untuk mengejar lebih jauh seseorang perlu memiliki persentase yang baik dalam ujian menengah atas lebih disukai memiliki mata pelajaran sains. Ada program pascasarjana, program pasca sarjana, gelar doktor, program diploma dan program pascasarjana diploma yang tersedia di banyak institut dan akademi di seluruh India.
Profil pekerjaan yang terbuka untuk siswa terkait dengan produksi, penelitian, penjualan, layanan, pengajaran dan sisi teknis. Semua bidang yang disebutkan di atas adalah di mana lulusan ilmu rumah atau lulusan pascasarjana dapat mengasah keterampilan dan pemahaman mereka untuk mendapatkan pemahaman yang baik tentang subjek mereka dengan mendapatkan pengalaman praktis. Paket pembayaran berkisar dari Rs 5.000 / - hingga Rs 8.000 / - untuk magang atau peserta pelatihan dan dapat naik lebih dari Rs 10.000 dalam waktu singkat. Kenaikan paket gaji datang dengan pengalaman bertahun-tahun yang diperoleh dan pendidikan dari lembaga yang baik.
Ada beberapa lembaga yang menyediakan kursus yang berkaitan dengan ilmu rumah. Institute of Home Science dan Lady Irwin College adalah institut terbaik yang menyediakan pendidikan dan pelatihan ilmu rumah bagi para siswa. Perguruan tinggi lain yang menyediakan kursus ini di bagian lain dari India adalah Universitas Pertanian Acharya N G Ranga (Hyderabad), Perguruan Tinggi Pendidikan Adharshila (Meerut, Uttar Pradesh), Anjuman Sekolah Tinggi Gadis (Nagpur, Maharashtra), B.D. Arts College (Ahmadabad, Gujarat) dan Banasthali University (Bansthali, Rajahasthan). Dengan demikian, siswa yang ingin membuat karir yang baik dari ilmu di rumah harus cukup tajam dan memahami tuntutan dan harapan yang dibawa di masa depan. Kami berharap semua siswa masa depan yang mengambil sains rumah sebagai pilihan karier, sangat beruntung.


Tidak ada komentar